Masjid Nabawi, Masjid Terpenting di Kota Madinah

Masjid Nabawi adalah masjid terpenting yang berada di Kota Madinah, Arab Saudi. Masjid ini dibangun oleh Nabi Muhammad dan menjadi tempat makam bagi dia dan para sahabat. Masjid ini merupakan masjid terbesar ke 2 di dunia setelah Masjidil Haram di Mekkah.

Sejarah Masjid Nabawi

masjid nabawi

Masjid ini merupakan masjid kedua yang dibangun oleh Rasulullah setelah Masjid Quba yang didirikan dalam perjalanan hijrah dari Mekkah ke Madinah. Masjid ini didirikan di sebuah tempat penjemuran kurma milik anak yatim dua bersaudara Sahl dan Suhail bin ‘Amr yang kemudian tanahnya dibeli oleh Rasulullah untuk pembangunan masjid dan tempat kediamannya.

Rasulullah membangun masjid ini dengan tangannya sendiri bersama dengan sahabat dan kaum muslimin dengan ukuran awal sekitar 50 x 50 dengan ketinggian atap 3,5 m. Dibangun menggunakan batu bata pada bagian tembok, atap dari daun kurma, dan untuk tiang penyangga menggunakan batang pohon kurma. Tanpa ada penerangan sama sekali, hanya sedikit dilakukan penerangan dengan membakar jerami pada malam hari setelah isya.

Melekat pada salah satu sisi masjid, dibangun kediaman Nabi dengan ukuran kecil dan tidak lebih mewah dari keadaan masjidnya. Ada juga sebuah ruangan untuk tempat dimana orang-orang fakir miskin yang tidak memiliki rumah dan bisa berdiam disana yang disebut dengan ahlussufah atau para penghuni teras masjid.

Masjid ini sudah mengalami beberapa kali renovasi dan diperluas. Pertama kali dilakuka nrenovasi oleh Khalifah Umar bin Khattab pada tahun 17 H, lalu kemudian pada tahun 29 H dilakukan renovasi kedua oleh Khalifah Utsman bin Affan.

Saat masa sudah modern di tahun 1372 H, masjid ini masih diperhatikan dan dilakukan renovasi oleh Raja Abdul Aziz dari Kerajaan Saudi Arabia dan membuat masjid ini menjadi memiliki luas 6.026 meter persegi. Lalu peluasan dilanjutkan oleh penerusnya, Raja Fahd yang merenovasi masjid sehingga memiliki luas hampir mencapai 100.000 meter persegi dan ditambah dengan lantai atas yang mencapai 67.000 meter persegi. Dengan luas yang cukup besar ini, Masjid Nabawi saat ini dapat menampung jamaah sebanyak kira-kira 535.000 orang.

Raudhah

taman surga

Salah satu bagian dari Masjid Nabawi dikenal dengan nama Raudhah atau jika diartikan yakni “taman surga”. Masyarakat meyakini kalau doa-doa yang dipanjatkan di tempat ini akan dikabulkan oleh Allah swt

Makam Nabi

makam rasulullah

Rasulullah dimakamkan di tempat tinggalnya, yakni tempat yang dahulunya adalah kamar Ummul Mukminin Aisyah ra, isteri Nabi. Kedua sahabat nabi, Abu Bakar Al-Shiddiq dan Umar bin Khattab pun juga turut dimakamkan di tempat yang sama dengan Rasulullah.

Peluasan Masjid Nabawi tidak merubah posisi makam rasulullah dan para sahabatnya. Kini, makam tersebut berada di dalam masjid, lebih tepatnya berada di sudut kiri depan masjid.