Megahnya Rencana Konstruksi Masjidil Haram

Makkah, adalah kota suci umat Islam yang merupakan tempat lokas dimana Ka’bah atau kiblat umat Islam berada. Sejak dikuasai oleh kerajaan Arab Saudi, Makkah telah mengalami banyak perubahan, diantaranya perubahan pada Masjidil Haram yang kini semakin modern. Perubahan terus terjadi dan sudah meninggalkan model masjid yang kuno menjadi masjid yang begitu modern mengikuti perkembangan model bangunan terbaik.

Masjidil Haram merupakan tempat bagi ribuan jama’ah muslim untuk menyelesaikan salah satu dari rukun islam, yaitu rukun islam ke 5 menjalankan ibadah haji bila mampu. Untuk itu, dilakukan pengembangan pada Masjidil Haram agar umat islam dapat menjalankan haji dengan nyaman.

Saat ini sedang dilakukan proses pembangunan besar-besaran yang kira-kira akan selesai pada tahun 2020 mendatang. Untuk masalah desainnya sudah dapat diliat. Terlihat sangat modern dan bisa memberikan kenyamanan bagi seluruh jama’ah haji dengan desain yang semakin besar dan semakin bisa menampung banyaknya jama’ah haji yang datang dari seluruh dunia.

Rencana pembangunan ini sudah dijalankan sejak tahun 2015 lalu, pembangunan untuk memperluas Masjidil Haram dan mempercantiknya dengan desain terbaru yang modern agar terlihat semakin cantik.

Selain ingin memenuhi kenyamanan, pembangunan juga akan memperhatikan keindahan dengan desain yang cantik. Terdapat banyak desain, namun hanya akan dipilih 1 untuk diterapkan sebagai desain Masjidil Haram yang akan rampung tahun 2020 mendatang. Walau sedang dalam masa pembangunan, namun masjid ini tetap beroperasi hingga saat ini, dan para jama’ah haji ataupun umrah masih bisa menjalankan ibadah mereka dengan khusyu.

rencana pembangunan masjidil haram 1

rencana pembangunan masjidil haram 2

rencana pembangunan masjidil haram 3

Pekerja Indonesia Terlibat Dalam Proyek Peluasan Masjidil Haram

Pagi hari mulai menyinari. Ada seorang wartawan dan rombongan media datang berkunjung ke Baitullah untuk menjalankan ibadah umrah di Masjidil Haram.

Tiba-tiba, ada seorang pekerja menggunakan helm proyek datang menghampiri mereka dan bertanya apakah mereka orang Indonesia. Lalu rombongan mereka menjawab iya.

Awalnya pria tersebut mengira kalau mereka adalah rombongan untuk menjalankan umrah dari Indonesia, tapi setelah dijelaskan kalau keberadaan mereka sebagai petugas haji dari Indonesia, pria tersebut langsung tersenyum lebar, ia berkata kalau sedang bisa bertemu orang dari Indonesia. Pria tersebut bernama Arifin Irsyad, asal Makassar, Sulawesi Selatan.

Ia mengaku sudah setahun mengikuti proyek peluasan Masjidil Haram. Lelaki itu mengungkapkan kalau tidak pernah menyangka bisa menjadi bagian dari pekerja dalam pembangunan masjid yang digunakan sebagai umat Islam untuk menjalankan ibadah haji.

Pria bernama Arifin itu mengatakan kalau bisa mengikuti proyek pembangunan Masjidil Haram karena sebuah perusahaan dari Jakarta Timur. Untuk masalah gaji, Arifin mendapatkan gaji Rp 8 juta per bulan, itu sudah gaji bersih dan ia tinggal di mess perusahaan, sedangkan untuk biaya makan sudah ditanggung.
Gaji tersebut terbilang cukup besar, bahkan setara dengan gaji seorang programmer junior.